Subscribe Us

Header Ads

4 Jenis Koperasi yang Ada Di Indonesia dan Penjelasannya oleh - usahasampingankita.com

Halo sahabat selamat datang di website usahasampingankita.com, pada kesempatan hari ini kita akan membahas seputar 4 Jenis Koperasi yang Ada Di Indonesia dan Penjelasannya, kami sudah mempersiapkan artikel tersebut dengan informatif dan akurat, silahkan membaca

Sumber: Tirto

Ajaib.co.id – Jika kamu belum mengetahui tentang pengertian koperasi dan jenis-jenis koperasi, maka ini adalah waktu yang tepat untuk mengetahuinya. Berikut adalah penjelasan dan jenis koperasi yang dapat kamu pelajari. 

Koperasi adalah sebuah organisasi ekonomi yang ada di Indonesia, dan dimiliki, dioperasikan oleh sebuah kelompok demi kepentingan bersama-sama. Koperasi melandaskan kegiatan berdasarkan prinsip gerakan ekonomi kerakyatan yang didasari pada asas kekeluargaan.

Menurut UU Tahun 1992, koperasi didefinisikan sebagai badan usaha yang beranggotakan orang-seorang atau badan hukum koperasi dengan melandaskan kegiatannya berdasarkan prinsip-prinsip koperasi sekaligus sebagai gerakan ekonomi rakyat yang berdasar atas asas kekeluargaan. 

Di Indonesia, prinsip koperasi telah dicantumkan dalam UU No. 12 Tahun 1967 dan UU No. 25 Tahun 1992. Prinsip koperasi di Indonesia kurang lebih sama dengan prinsip yang diakui dunia internasional dengan adanya sedikit perbedaan, yaitu adanya penjelasan mengenai SHU (Sisa Hasil Usaha).

Menurut Undang-undang No. 25 tahun 1992 Pasal 4 dijelaskan bahwa koperasi memiliki fungsi dan peranan antara lain yaitu mengembangkan potensi dan kemampuan ekonomi anggota dan masyarakat, berupaya mempertinggi kualitas kehidupan manusia, memperkokoh perekonomian rakyat, mengembangkan perekonomian nasional, serta mengembangkan kreativitas dan jiwa berorganisasi bagi pelajar bangsa.

Banyak sejarah panjang mengenai koperasi di Indonesia yang mulanya diperkenalkan dan dijalankan oleh Belanda pada masa sebelum kemerdekaan Indonesia. Dan hingga saat ini, koperasi terus berkembang di sektor-sektor kecil perekonomian yang ada di Indonesia. 

Untuk lebih jelasnya, berikut adalah jenis koperasi berdasarkan faktor tertentu beserta pengertiannya: 

Koperasi Berdasarkan Jenisnya ada 4, yaitu :

Koperasi Produksi

Koperasi Produksi melakukan usaha produksi atau menghasilkan barang yang dijual kembali dan mendapatkan keuntungan dari produksi yang dibuat oleh pengrajin setempat, dengan tujuan untuk memajukan sektor ekonomi daerahnya.

Koperasi konsumsi

Koperasi Konsumsi menyediakan semua kebutuhan para anggota dalam bentuk barang, jadi koperasi ini menyediakan konsumsi untuk para anggotanya seperti bahan pokok, perlengkapan rumah tangga, dan lain-lainnya. Contohnya seperti koperasi untuk pegawai kantor, koperasi khusus siswa, dan lain-lainnya. 

Koperasi Simpan Pinjam 

Koperasi Simpan Pinjam melayani para anggotanya untuk menabung dengan mendapatkan imbalan. Cara kerja Koperasi Simpan Pinjam sama seperti sistem perbankan, koperasi memberikan kemudahan untuk para anggotanya dalam hal meminjam dana dan menyimpan dana di koperasi. 

Koperasi Serba Usaha

Koperasi Serba Usaha (KSU) terdiri atas berbagai jenis usaha), koperasi yang kegiatan usahanya di berbagai segi ekonomi, seperti bidang produksi, konsumsi, perkreditan, dan jasa yang beranggotakan orang-orang atau badan hukum koperasi dengan melandaskan kegiatannya berdasarkan prinsip koperasi sekaligus sebagai gerakan ekonomi rakyat. 

Jenis Koperasi Berdasarkan Keanggotaannya

Koperasi Pegawai Negeri 

Koperasi ini beranggotakan para pegawai negeri baik pegawai pusat maupun daerah yang bekerja di kantor wilayah terkait. Koperasi ini disediakan untuk memudahkan pegawai untuk membeli kebutuhan-kebutuhannya. 

Koperasi Pasar (Koppas) 

Koppas atau Koperasi pasar beranggotakan para pedagang pasar yang membuat satu koperasi untuk membantu kegiatan usaha pedagang pasar yang membutuhkan bantuan, kebanyakan dalam urusan finansial. 

Koperasi Unit Desa (KUD)

Koperasi Unit Desa beranggotakan masyarakat pedesaan. KUD melakukan kegiatan usaha bidang ekonomi terutama berkaitan dengan pertanian atau perikanan (nelayan). 

Koperasi unit desa dapat juga dikatakan sebagai wadah organisasi ekonomi yang berwatak sosial dan merupakan wadah bagi pengembangan berbagai kegiatan ekonomi masyarakat pedesaan yang diselenggarakan oleh masyarakat dan untuk masyarakat itu sendiri.

Koperasi Sekolah

Koperasi sekolah beranggotakan warga sekolah yaitu guru, karyawan, dan siswa. Koperasi ini biasanya menyediakan kebutuhan untuk para warga sekolah seperti guru, karyawan, dan siswa seperti alat tulis maupun konsumsi. 

Koperasi ini digerakkan oleh perkumpulan guru atau yayasan dari sekolah tersebut. 

Berdasarkan Tingkatannya

Koperasi Primer

Koperasi primer merupakan koperasi yang beranggotakan orang-orang untuk menjalankan kegiatan koperasi di satu tempat dan wilayah kerja koperasi primer meliputi satu kelurahan, kecamatan, atau desa. 

Koperasi Sekunder

Koperasi sekunder merupakan koperasi yang didirikan dan beranggotakan dari koperasi primer. Tujuan koperasi sekunder adalah menjalankan kegiatan koperasi primer dan mensukseskan visi misi yang ada di koperasi primer. 

Jenis Koperasi Berdasarkan Fungsinya

Koperasi Konsumsi

Koperasi konsumsi didirikan untuk memenuhi kebutuhan umum sehari-hari para anggotanya, koperasi ini biasanya dapat ditemukan di wilayah desa, tempat kerja, maupun di sekolah. Koperasi ini menyediakan bahan-bahan pokok yang dapat memenuhi kebutuhan konsumsi para anggotanya. 

Koperasi ini beranggotakan anggota-anggota yang berhubungan langsung dengan wilayah atau tempat terkait untuk menggerakan roda keuangan di dalamnya. 

Koperasi Jasa

Koperasi jasa adalah koperasi yang bertujuan untuk memberikan jasa keuangan dalam bentuk pinjaman kepada para anggotanya. Umumnya, koperasi ini memberikan bantuan finansial dengan bunga yang kecil dari pinjaman-pinjaman lain. 

Koperasi ini memiliki anggota yang mencari calon anggota untuk mengikuti jasa yang ditawarkan untuk menjalankan kegiatan ekonominya sesuai dengan visi dan misi koperasi terkait. 

Koperasi Produksi

Koperasi produksi adalah koperasi yang membantu penyediaan bahan baku, penyediaan peralatan produksi, membantu memproduksi jenis barang tertentu serta membantu menjual dan memasarkannya hasil produksi tersebut.

Umumnya, koperasi produksi memiliki hasil jadi dari komunitas pengrajin atau pedagang sekitar yang dapat dijual dan memiliki tempat untuk dapat dibeli oleh para pelancong yang mengunjungi daerah atau wilayah tersebut. 

Itu dia penjelasan mengenai koperasi dan jenis koperasi yang dapat kamu pelajari. Koperasi di Indonesia adalah salah satu penggerak ekonomi utama di Indonesia, selain menjalankan kegiatan ekonomi, koperasi-koperasi ini membantu tingkat pertumbuhan ekonomi Indonesia di dunia. 

Itulah tadi informasi mengenai 4 Jenis Koperasi yang Ada Di Indonesia dan Penjelasannya dan sekianlah artikel dari kami usahasampingankita.com, sampai jumpa di postingan berikutnya. selamat membaca.

Post a Comment

0 Comments